Social Icons

Pages

Saturday 19 November 2011

Kedelai Cegah Serangan Kanker Paru-paru

New York, Kedelai merupakan bahan makanan yang kaya akan protein nabati. Khasiatnya bagi kesehatan pun telah dikenal luas. Bahan utama pembuat tahu ini ternyata juga dapat mencegah serangan kanker paru-paru. Demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli Cina dan Amerika Serikat, baru-baru ini.

Penelitian yang telah diterbitkan oleh jurnal kesehatan Clinical Nutrition ini melibatkan sebelas penelitian terdahulu. Dalam penelitian ini, ditemukan mereka yang menjalani pola makan dengan tambahan kedelai, baik yang telah diolah maupun yang tidak, memiliki resiko terserang kanker paru-paru 23% lebih rendah dibandingkan yang tidak.

Para ahli mengungkapkan, isoflavon memegang peranan penting dari efek luar biasa ini. Tidak hanya dapat mencegah serangan kanker, isoflavon juga dapat mengikis dan menghentikan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.


"Kami masih mencari komponen lain dalam kedelai yang menyebabkan efek menakjubkan ini. Namun, yang perlu diingat, tidak hanya asupan makanan yang akan mempengaruhi kesehatan. Gaya hidup dan kebiasaan buruk merokok merupakan faktor utama pemicu serangan kanker," kata pimpinan penelitian Matthew Schabath.

No comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text